oleh

Kadislitbangad Gelar Asnik Litbanghan TNI AD di Dispsiad

JAKARTA – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom., M.M., Melaksanakan kegiatan Asistensi Teknis (Asnik) Litbanghan TNI AD semester I TA 2021 di Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad), Bandung, Kamis (17/6/2021).

Dalam sambutannya Kadislitbangad mengatakan bahwa kegiatan Asistensi teknis (Asnik) Litbanghan TNI AD semester I TA 2021 di Dinas Psikologi Angkatan Darat sesuatu yang luar biasa karena setiap orang akan dilihat dan dinilai dari psikologinya apakah psikologinya positif atau negatif.

Untuk sumber daya Insani yang dimiliki Dislitbangad, ungkap Terry, rata-rata mumpuni dan mampu serta tidak disangsikan dalam bidang penelitian dan pengembangan. Akan tetapi Sumber Daya Manusia (SDM) bidang materiel masih terbatas, sehingga membutuhkan personel-personel yang mempunyai kemampuan di bidang materiel yang diharapkan dari SDM yang dimiliki oleh Poltekad yang mumpuni bisa mengisi kekurangan dari SDM bidang Materiel Dislitbangad,

Selaku Kadislitbangad, Terry mengapresiasi judul yang diteliti oleh Dispsiad tentang “Analisa Sikap, Norma Subyektif, Penghayatan dan Minat Generasi Z untuk Berkarier di TNI AD.”

“Penelitian ini cukup bagus karena Generasi Z atau Gen Z disebut sebagai generasi yang lahir setelah generasi Y,” ujarnya.

Menurut Terry, umumnya mereka yang merupakan Generasi Z disebut juga sebagai iGeneration atau Generasi Internet. Mereka selalu terhubung dengan dunia maya dan dapat melakukan segala sesuatunya dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada. Bahkan gadget sudah menjadi pegangannya dari sejak kecil. Maka secara otomatis pengenalan teknologi dan dunia maya ini begitu berpengaruh pada perkembangan kehidupan dan kepribadian mereka.

“Ini tantangan tim peneliti dari Dispsiad menyikapi perkembangan generasi saat ini yang adaptif sehingga diharapkan outputnya dapat bermanfaat untuk TNI AD umumnya Dispsiad pada khususnya,” imbuh Terry.

Pada kesempatan tersebut, Terry pun menjelaskan bahwa kegiatan Asnik dan kedatangan Tim Asnik Dislitbangad ke Dispsiad merupakan salah satu kegiatan bimbingan teknis Litbanghan oleh pemegang LKT tingkat pusat (Dislitbangad) kepada penyelenggara Litbanghan dan badan/pejabat yang berhubungan dengan Litbanghan agar sesuai dengan sasaran dan tujuan.

Adapun tujuan diselenggarakannya Asnik ini yaitu untuk memberikan arahan atau supervisi ilmiah kepada pelaksana kegiatan Litbanghan di lingkungan TNI AD, agar kegiatan tersebut dapat berjalan secara objektif, rasional, terukur dan akuntabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan Litbanghan TNI AD TA 2020, secara umum pelaksanaan kegiatan Litbang telah berjalan dengan baik dan mampu mencapai sasaran yang telah ditetapkan, namun masih dijumpai beberapa masalah yang perlu mendapatkan perhatian guna peningkatan kualitas Litbanghan agar produk yang dihasilkan mampu memberikan kontribusi dalam upaya mendukung kemandirian industri pertahanan ataupun mendukung tugas pokok TNI AD.

Sementara itu, Kadispsiad Brigjen TNI., Drs. Bambang Sutisna, M.Psi., dalam kata sambutannya mengatakan bahwa penelitian merupakan salah satu nilai penting bagi peningkatan kemampuan TNI Angkatan Darat. Seperti yang dilakukan oleh Dislitbangad untuk memberikan manfaat dan kontribusi sebesar-besarnya bagi organisasi TNI AD melalui penyelenggaraan Litbanghan di lingkungan TNI AD.

“Kebanggaan bagi Dispsiad menerima kehadiran tim Asnik di Markas Dispsiad, kegiatan ini sebagai peluang untuk mempertajam kemampuan personel internal Dispsiad dalam menyelenggarakan kegiatan ilmiah,” ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut baik Dislitbangad maupun Dispsiad dapat memperoleh manfaat sebesar besarnya dan berjalan sinergis dalam mencapai tujuan besar TNI AD untuk menjadi organisasi militer yang profesional, handal, reliabel, ilmiah dan adaptif.

Kemudian tutur Kadispsiad, semoga melalui penelitian di lingkungan TNI AD dapat mewujudkan gagasan-gagasan terbaik demi kemajuan TNI AD. Mengubah apa yang sudah biasa menjadi sesuatu yang lebih bermakna seperti kalimat dari Albert Szent tentang penelitian ”Research is to See What Everybody Else Has Seen, And to Think What Nobody Else Has Thought,” yang artinya penelitian adalah melihat sesuatu yang sejatinya sudah nampak juga oleh orang lain, dan mengkaji apa yang tidak pernah dipikirkan orang lain.

(S Erfan Nurali/Sumber:Dispenad).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed