oleh

Kabupaten Malang Vaksinasi Massal untuk Lansia

DimensiNews.co.id KABUPATEN MALANG-Mulai hari ini, 9-11 Juni 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, menggelar vaksinasi massal untuk lansia.

“Kegiatan vaksinasi massal ini digelar selama tiga hari, yakni 9-11 Juni 2021 mendatang,” terang Kepala Dinkes Pemkab Malang, Arbani Mukti Wibowo, Rabu (9/6/2021)

Dijelaskan olehnya, bahwa vaksinasi ini untuk lansia dan pra lansia. Tempatnya ada di dua tempat, yakni Stadion Kanjuruhan dan Kantor Kecamatan Tumpang, dan vaksinasi itu gratis.

Menurut Arbani, vaksinasi ini digolongkan untuk umur tertentu. Selain itu, program vaksinasi ini gratis.

“Persyaratan Pra Lansia itu usia 50-59 tahun, sedangkan lansia itu mulai usia 60 tahun ke atas,” ucapnya.

Sedangkan, lanjut Arbani, untuk prosesnya semua sama dengan vaksinasi pada umumnya. Yakni harus melalui skrining sebelum dilakukan pemberian vaksin, untuk jenis vaksinnya adalah Sinovac.

“Prosesnya sama, skrining dulu, kalau lolos, langsung proses vaksinasi. Kemudian, dilakukan observasi usai vaksin, pengantar dan pendamping juga mendapatkan vaksinasi gratis,” terangnya.

Lebih lanjut, Arbani menambahkan, meski vaksinasi secara massal, tiap hari jumlah lansia tetap dibatasi, dengan jumlah 600 suntikan vaksin.

“Syaratnya sama harus membawa KTP dan dilakukan skrining. Di vaksinasi massal ini selama tiga hari kami siapkan 30.000 suntikan vaksin,” ujarnya.

Seperti diketahui, vaksinasi massal tersebut dilakukan karena di Kabupaten Malang, hanya ada sekitar lima persen lansia yang sudah mendapatkan vaksin hingga akhir Mei kemarin.

Sementara, yang terdaftar itu ada 65.000 orang, dan yang melakukan vaksinasi hanya 10.650 orang lansia. Bila lansia memiliki kormobid, tetap bisa melakukan vaksinasi.

Namun, dengan berbagai kondisi khusus. Diantaranya, terkontrol, hipertensi kurang dari 189/110 mmhg.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed