Persiapkan Sitem Antrian Online, BPJS Kesehatan Sinergi dengan Klinik Taman Anggrek

 

Dimensinews.co.id JAKARTA –  Memberikan pelayanan kesehatan secara optimal kepada pasien bukan hanya menjadi prioritas BPJS Kesehatan saja, melainkan juga bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Pada Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), FKTP memegang fungsi penting sebagai gate keeper.

Hal inilah yang mendasari Klinik Taman Anggrek untuk senantiasa meningkatkan kepuasan peserta dengan mencoba menyelenggarakan antrian online bagi para pasiennya.

“Kebanyakan pasien kami adalah peserta Program JKN-KIS. Sehingga, akan lebih bagus jika antrian online yang kami miliki dapat terhubung dengan aplikasi dan data yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan. Kami sudah pernah mencoba memiliki sistem antrian online, hanya saja belum terhubung dengan BPJS Kesehatan,” jelas PIC Klinik Taman Anggrek, Riki, pada Senin (10/06).

Riki menjelaskan bahwa Klinik Taman Anggrek akan mencoba untuk menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk Sistem Antrian Online setelah lebaran. Namun, hari ini BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat dan Klinik Taman Anggrek mencoba untuk melihat sarana prasarana yang bisa digunakan untuk Sistem Antrian Online.

“Sebenarnya kami ingin segera mencoba Sistem Antrian Online yang bisa terhubung dengan aplikasi Pcare dan dan HFIZ yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan. Supaya nanti sistem ini dapat berjalan dengan lebih bagus,” jelas Riki.

BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat menyambut baik keinginan Klinik Taman Anggrek untuk menyelenggarakan Sistem Antrian Online bagi pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan. bridging data, pemberian akses pada aplikasi, dan pengaturan bagi sistem antrian online telah berhasil dilaksanakan.

“Kami berusaha untuk menyelenggarakan Sistem Antrian Online dengan fasilitas yang telah dimiliki oleh klinik Taman Anggrek. Sehingga, ketika uji coba berhasil dan sukses, Klinik Taman Anggrek jika berkenan dapat melakukan pengadaan untuk memaksimalkan Sistem Antrian Online ini,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Diah Sofiawati.

Diah menjelaskan BPJS Kesehatan selama ini memang menghimbau fasilitas kesehatan provider untuk menyelenggarakan Sistem Antrian Online agar mempermudah peserta dan pihak fasilitas kesehatan di lapangan. Hanya saja, hal ini tentu saja membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai.

Sehingga, penyelenggaraan sistem sebaiknya berjalan secara bertahap.
“Pada dasarnya, Sistem Antrian Online ini menggunakan beberapa aplikasi yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah aplikasi Mobile JKN.Ujar Diah.

Dengan aplikasi ini peserta dapat mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di FKTP tempat dirinya terdaftar. Kemudian peserta juga dapat melihat posisi antriannya juga.

Sehingga, peserta dapat memperkirakan kapan harus sudah ada di FKTP. Kami berharap Sistem Antrian Online ini dapat berjalan baik di Klinik Taman Angrrek dan mempermudah baik peserta maupun klinik” tutup Diah.

 

 

Laporan Wartawan : Hery
Editor.                        : Red DN

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial