oleh

Lomba Tari Kreasi Tingkat SD Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 815 Tahun

DimensiNews.co.id, TULUNGAGUNG – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tulungagung ke 815 tahun 2020, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) mengadakan lomba tari tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Tulungagung secara daring.

Ajang lomba seni tari di Kecamatan Pakel mendapat sambutan yang luar biasa. Kegiatan ini untuk menggali bakat dan minat siswa di bidang seni.

“Animo peserta tahun ini mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Peserta lomba semakin banyak yang mengikuti, namun hanya 4 SD Negeri yang lolos seleksi yaitu SD Tamban 1 dan 3, SD Sambitan 2, SD Ngrance 2. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menggali minat dan bakat siswa di bidang seni,” kata Koordinator Pengawas (Korwas) Kecamatan Pakel Karyatin M,Pd kepada media, Rabu (16/12/2020), di Aula Balai Desa Pecuk Kecamatan Pakel saat pementasan seni tari yang dilakukan secara virtual.

Hadir dalam acara ini di antaranya Koordinator Pengawan (Korwas) Karyatin M, Pd, Ketua Panitia Subandi SPd, wakil Panitia Bani SPd, dan tamu undangan lainnya.

Dikatakan Karyatin yang menang di tingkat kecamatan mewakili di tingkat kabubaten harus percaya diri karena mengemban amanat sebagai duta kecamatan. Duta kecamatan harus melaksanakan tugas dengan sepenuh hati dan penuh tanggung jawab, membawa nama baik kecamatan. Berusaha mempersembahkan yang terbaik.

Subandi selaku Ketua Panitia, mengatakan pendidikan di sekolah dasar merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pembinaan karakter anak agar tumbuh dan berkembang secara seimbang baik jasmani maupun rohani.

Tema lomba seni tari SD tahun 2020 dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ini adalah “Golek Kenyo Tinembe” yaitu tari dari Yogyakarta dan Surakarta.

Pembinaan karakter anak yang dimaksudkan meliputi nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas, dan penguasaan ilmu pengetahuan menuju generasi muda yang potensial.

Kegiatan lomba seni tari tingkat SD ini bertujuan memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal.

Diharapkan dapat meningkatkan kreativitas, dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Para praktisi pendidikan di daerah semakin berkomitmen di kegiatan ini, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang seni dan budaya.

Di tempat terpisah Plt Kepala Dispendikpora Tulungagung, Hariyo Dewanto Wicaksono mengatakan bahwa tujuan diadakannya lomba bagi anak anak sekolah dasar ini tidak lain adalah untuk memunculkan bibit yang baik sejak usia dini.

“Sehingga bila nantinya suatu saat ada kesempatan untuk berlomba di tingkat manapun, dia akan memiliki mental yang kuat dalam mengikutinya,” bebernya.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung wajib memberikan wadah bagi anak-anak didik kita, khususnya yang memiliki jiwa seni. Dengan demikian nantinya justru mereka lah yang akan dapat melestarikan budaya dan kesenian kita, yang belakangan semakin hari sudah mulai luntur ini,” jelas Hariyo Dewanto.*(Cristian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed