oleh

Pemkab Tulungagung Launching Inovasi Sikesta dan Layanan Kamar Operasi Covid-19 di RSUD dr. Iskak

DimensiNews.co.id TULUNGAGUNG – Dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang ada di Kabupaten Tulungagung berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, melalui Dinas Kesehatan dan RSUD dr Iskak, pihaknya melaunching dua inovasi pelayanan kesehatan.

Dua inovasi itu ialah sistem informasi kesehatan Tulungagung (Sikesta) serta layanan kamar operasi Covid-19. Dua inovasi tersebut secara resmi dilaunching oleh Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Tulungagung, Sukaji pada Senin (30/11/2020) di pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa.

Pada acara ini selain dihadiri Sekda Kabupaten Tulungagung, turut hadir juga Kepala BPJS Tulungagung, Direktur RSUD dr. Iskak, Kepala Dinkes Kabupaten Tulungagung, serta sekretaris Dinkes Jawa Timur.

Sekda Kabupaten Tulungagung, Sukaji mengatakan Sikesta dan layanan kamar operasi ini merupakan suatu bentuk inovasi pada bidang kesehatan yang sangat bagus. “Isinya mengenai data informasi yang bisa diakses oleh petugas kesehatan ataupun masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmat mengatakan pelayanan Sikesta bisa diakses oleh semua pihak. Seperti usaha kesehatan perorangan (UKP) dan usaha kesehatan masyarakat (UKM).

“Informasi yang ada nanti langsung bisa menyambung dengan pelayanan yang ada di rumah sakit,” jelasnya.

Permasalahan sebelumnya, para petugas kesehatan terlalu banyak membuat laporan- laporan dalam berbagai aplikasi. “Hal seperti ini cukup merepotkan, dan kemudian kita satukan dengan Sikesta ini,” tambahnya.

Pada aplikasi Sikesta cukup mengetik satu nama dan alamat, kemudian semua informasi data yang dibutuhkan akan muncul di aplikasi ini. Hal ini bertujuan supaya lebih efektif dalam proses pendataan.

“Selain itu juga untuk menginformasikan kegiatan- kegiatan rumah sakit kepada dinas kesehatan,” tandasnya.

Selanjutnya Direktur RSUD dr. Iskak, dr Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, FINACS, M.Kes mengatakan pada era Covid-19, seperti pada saat ini semua pelayanan harus mengacu kepada standart Covid- 19. “Biar aman untuk petugas kesehatan,” jelasnya.

Kamar operasi Covid- 19 di RSUD dr. Iskak ini sudah berstandart internasional dan sudah mulai beroperasi sejak tiga bulan yang lalu, yakni pada Agustus lalu. “Untuk semua pasien Covid kalau membutuhkan penanganan operasi harus disitu,” pungkasnya.

Selain penyiapan sarana dan prasarana kesehatan, Supriyanto juga menghimbau masyarakat tetap tenang menanggapi virus corona.

Masyarakat Kabupaten Tulungagung, harus tetap melakukan perilaku hidup bersih, dan sehat (PHBS) sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga.

“Virus ini bisa dicegah dengan daya tahan tubuh yang tinggi. Masyarakat harus tetap menjaga kesehatan dengan makan-makanan bergizi dan melakukan PHBS dalam kesehariannya,” katanya.

(Cristian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed