oleh

Pendemi Covid-19, Satlantas Polres Madiun Gelar Operasi Zebra 2020

DimensiNews.co.id, MADIUN – Puluhan personel dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Madiun, Jawa Timur melaksanakan tugas yakni menggelar kegiatan Operasi Zebra didepan Polsek Dolopo, Jalan Raya Madiun-Ponorogo, Kabupaten Madiun, Senin 26 Oktober 2020.

Personel Satlantas yang ada dilokasi tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan 3 M yakni Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak. Personel yang turut terlibat dalam tugas Operasi Zebra 2020, telah dibagi yakni bertugas melakukan sosialisasi tentang pencegahan Covid-19. Selain itu, juga ada personel yang melasanakan penindakkan bagi warga masyarakat atau pengguna jalan yang pelanggar serta personel untuk pengamankan jalur lalulintas selama Operazi Zebra 2020 dilaksanakan.

Diketahui bersama pada saat lampu rambu lalulintas diperempatan jalan masuk wilayah Kecamatan Dolopo menyala merah, maka beberapa personel langsung berjalan ketengah atau didepan kendaraan yang tengah berhenti dibelakang garis putih atau zebra cross. Lalu, personel ini membentangkan pamflet yang dibawanya bertuliskan “Masker Lindungi Aku dan Kamu” dan ada juga bertuliskan “Jangan Lupa Rajin Cuci Tangan dengan air mengalir dan sabun” hingga beberapa menit atau pada saat lampu rambu itu berubah warna hijau.

Sedangkan personel lain tidak jauh dari tim sosialisasi pencegahan Covid-19 dan tim pengamanan jalur lalulintas, tengah dilakukan penindakan tegas yakni setiap pelanggar dikenakan sanksi baik tilang maupun sanksi sosial. Sanksi tilang bagi pengendara, yaitu melakukan pelanggaran yang kasat mata. Sementara yang dikenakan sanksi sosial, yaitu pelanggar-pelanggar yang tidak membawa/memakai masker dikenakan sanksi menyanjikan lagu-lagu nasional.

“Kepada semua masyarakat Kabupaten Madiun, kita sampaikan. Memang saat ini, Polri sedang menggelar Operasi Zebra 2020 termasuk di wilayah Kabupaten Madiun. Kegiatan itu dilaksanakan mulai dari tanggal 26 Oktober sampai tanggal 8 Nopember 2020 mendatang yaitu selama 14 hari,” ujar Kasat Lantas Polres Madiun, AKP Ari Bayuaji kepada sejumlah media massa saat dilokasi Operasi Zebra 2020.

Menurutnya kegiatan Operazi Zebra 2020 ini, berbeda dengan Operasi Zebra pada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, dirinya bersama anggota–lebih banyak mengedepankan kegiatan prehentif maupun prefentif yaitu sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19.

Selain sosialissai pencegahan Covid-19, personel Lantas Polres Madiun juga membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang pada saat berkendara tidak memakai masker. Disamping itu, kita juga melaksanakan kegiatan-kegiatan humanis yang laink kepada masyarakat.

“Setiap pelanggaran, tetap kita laksanakan tilang. Terutama pelanggaran yang kasat mata, dan juga yang memang pelanggarannya yang prioritas atau menyebabkan kecelakaan lalulintas. “Jadi dititik-titik blackspot yaitu contohnya, pengendara belum cukup umur, menggunakan handphone, melanggar marka rambu dan sebagainya,” jelas Ari Bayuaji.

Ia harap kepada warga masyarakat Kabupaten Madiun dengan digelarnya Operasi Zebra, kali tolong lebih tertib lagi dalam berlalulintas di wilayah Polres Madiun. Selain itu yakni menjelang libur panjang pada minggu ini, keluarga besar Satlantas Polres Madiun menghimbau agar masyarakat tetap dirumah saja dan jangan kemana-mana.

Untuk titik-titik rawan kecelakaan di wilayah Kabupaten Madiun yaitu di jalur blackspot Budur dan Balerejo, terdapat dua titik rawan lakalalulintas. Distu nanti akan kita laksanakan kegiatan hanting untuk meminimalisir angka lakalantas di wilayah Polres Madiun. “Jadi hanting terhadap pelanggaran yang kasat mata, yaitu warga atau pengguna jalan yang melanggar terhadap prioritas pelanggaran yang menyebabkan lakalantas,” ungkapnya.

Ia menjelaskan sehingga dalam Operazi Zebra 2020 kali ini, personel kita tetap humanis yaitu penyampaikan kepada masyarakat dengan sopan santun, senyum sapa dan salam kita tetap kedepankan. Tidak boleh kita menyinggung, menyakiti hati masyarakat kami. “Hal inilah ‘merupakan ciri “Polisi ‘Adem”/(Aman, Damai, Enerjik dan Makmur) yaitu sesuai jargon baru jajaran Polres Madiun.

Dalam Operasi Zebra 2020 ini, tambah Ari Bayuaji, Polres Madiun telah menerjunkan semua anggota Satlantas yang ada. Kita berdayakan untuk mendukung kelancaran perjalanan Operasi Zebra 2020 ini,*all

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed