oleh

Penampakan Formasi Awan Unik dan Langka yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

Awan adalah massa yang dapat dilihat dari tetesan air atau kristal beku tergantung di atmosfer di atas permukaan bumi atau permukaan planet lai. Awan memiliki banyak sekali formasi-formasi yang sangat unik. Berikut ini fenomena awan unik yang kami rangkum untuk Anda.

1. Awan Lenticular

Lenticularis Altocumulus adalah salah satu jenis awan unik – mereka tidak terjadi terlalu sering, sehingga saat Anda melihatnya, Anda akan memperhatikan. Mereka sering terbentuk diatas atau dekat pegunungan, karena udara lembab mengalir cepat melalui lereng ketinggian. Gunung Fuji menjadi tempat yang cukup manis untuk yang satu ini.

 

2. Awan Mammatus

Varietas lain yang langka dan mudah dikenali, mammatocumulus cenderung tumpah keluar dari dasar awan-awan petir besar dalam selimut karakteristik kantong-seperti nodul.

 

3. Formasi Asperatus

Yang ini sangat jarang bahkan tidak memiliki klasifikasi resmi. “Undulatus asperatus” adalah sebutan yang diusulkan, dan jika diterima sebagai bentuk baru oleh ahli meteorologi, itu akan menjadi tambahan pertama sejak 1951. Hal ini pernah terjadi di Selandia Baru dan menampilkan pemandangan yang paling keren.

 

4. Roll Cloud Hang Glider

Varietas dari awan arcus, berbentuk tabung gulungan yang benar-benar terlepas dari tubuh awan di sekitar mereka dan muncul bergulung ketika mereka bergerak rendah di langit. Di sini, atlet Red Bull Jonny Durand meluncur di “Morning Glory” Queensland, Australia.

 

5. Shelf Cloud

Awan Shelf Cloud mirip dengan Roll Cloud, hanya mereka tetap melekat pada awan induk mereka. Biasanya, seperti di bawah ini, mereka adalah pertanda badai serius.

 

6. Awan Nacreous

Awan Nacreous atau awan stratosfer disebut juga dengan awan ibu mutiara, merupakan jenis awan unik langka yang terbentuk di ketinggian 15 – 25 km di atas stratosfer dan jauh di atas awan troposfer. Awan ini memiliki warna warni unik yang bervariasi yang terbentuk dari cahaya matahari. Awan unik ini biasanya terbentuk di daerah kutub dan daerah bersuhu tinggi lainnya seperti; Skandinavia, Alaska, dan Kanada Utara. Awan ini terlibat dalam pembentukan lubang ozon karena konten mereka adalah asam nitrat dan atau asam sulfat.

 

7. Awan Lenticulars di Gunung Rainier, Washington

Ini adalah bentuk awan lenticular klasik, sering dikira sebagai penampakan “UFO”. Awan-awan ini sering muncul disekitar Gunung Rainier.

 

8. Awan Stratocomulus
Menurut Observatorium Metereologi Sapporo, awan stratocomulus merupakan jenis awan yang terbentuk karena terjebak arus udara panas dan arus udara dingin. Awan ini merupakan jenis awan yang sangat jarang untuk ditemui dan biasanya terbentuk menjadi 3 gulungan awan memanjang. Hampir sama dengan awan gulung namun lebih kecil dan lebih banyak. Fenomena awan unik ini sering muncul pada bulan September dan pertengahan bulan November.

 

(POSH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed