oleh

Antisipasi Karhutla, Polres Lhokseumawe Gelar Apel Kesiapsiagaan.

 

DimensiNews.co.id, LHOKSEUMAWE – Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polres Lhokseumawe menggelar apel kesiapsiagaan yang berlangsung di Lapangan Hiraq, Lhokseumawe, Rabu (24/6) pagi.

Apel kesiapsiagaan itu melibatkan Pemko Lhokseumawe, Pemkab Aceh Utara, seluruh satuan TNI/Polri, petugas dan armada Pemadam Kebakaran, SAR dari BPBD Lhokseumawe dan Aceh Utara, Satpol PP serta dari RAPI.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, S.I.K, dalam kata sambutannya mengatakan, apel kesiapsiagaan ini dilakukan untuk mengawali kesiapan pelaksanaan dan cara bertindak dalam membantu pemulihan penanganan karhutla di wilayah hukum Polres Lhokseumawe.

Menurutnya, dalam mengatasi permasalahan karhutla itu tidak bisa berdiam diri atau pasrah, tapi semua pihak wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya untuk menangani kebakaran hutan dan lahan di Lhokseumawe dan Aceh Utara.

“Kegiatan ini untuk mengecek kesiapan personel serta sarana dan prasarana yang setiap saat akan bisa digerakkan jika terjadi kasus kebakaran hutan dan lahan,” tegasnya.

Ia juga menyebutkan, berdasarkan prediksi dari lembaga terkait yang memperkirakan pada Agustus 2020 mendatang akan memasuki musim kemarau dan sangat rawan terjadi karhutla.

Meski di Lhokseumawe dan Aceh Utara belum pernah terjadi karhutla, namun kesiapsiagaan perlu dilakukan untuk mengantisipasinya sekaligus untuk melihat kesiapan personel dan armada damkar yang miliki oleh Pemko Lhokseumawe, Pemkab Aceh Utara serta armada milik Polri.

“Kita akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya membakar hutan dan lahan,” kata Eko Hartanto.

Kepada seluruh personel, Kapolres meminta agar selalu menjaga kesehatan di tengah Covid-19, selalu mengutamakan keselamatan dalam setiap pergerakan, melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Dan kepada seluruh pimpinan pada semua level agar selalu melaksanakan pengawasan secara berlapis dan berjenjang untuk keberhasilan tugas di lapangan. (Halim)