oleh

Pemerintah Desa Kalidawe Menggelar Rapat MusrenbangDes Penyusunan RKP Tahun 2022

TULUNGAGUNG – Pemerintah Desa Kalidawe menggelar MusrenbangDes hari ini, MusrenbangDes dilaksanakan sesuai jadwal yang di sepakati oleh Tim Kecamatan Pucanglaban, bertempat di Aula ruang rapat Kantor Desa Kalidawe, Senin (25/01/2021).

Tampak hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan, mengundang berbagai komponen dan Kelompok Masyarakat Desa Kalidawe. Hadir dalam acara tersebut, BPD, LPM, RT / RW, Pendamping Desa, Bidan Desa, Babinsa/Babinkamtibmas, BumDes, Karang taruna, Tokoh masyarakat dan tokoh agama.

MusrenbangDes dibuka langsung oleh Kepala Desa Munaji, sekaligus mengucapkan selamat datang kepada rombongan Kecamatan Pucanglaban yang dipimpin langsung oleh Camat Pucanglaban Drs. Ali Muchtar.

Adapun yang dibahas dalam MurenbangDes, yakni rencana kegiatan di tahun 2022 dan yang akan menjadi prioritas, serta evaluasi kegiatan di Tahun 2020/2021 yang sudah dan belum terlaksana. Keterbukaan dan transparansi dalam pelaksanaan program pemerintah Desa Kalidawe, menjadi hal yang wajib demi terwujudnya desa yang maju dan sejahtera.

“Kami Memberi peluang se luas – luasnya untuk mengajukan usulan demi pembangunan dan kemajuan Desa kita bersama-sama”, tutur Munaji.

Pelaksanaan pembangunan Desa, baik yang sudah maupun yang belum terealisasi yang tertuang dalam RPJMDesa pada RKPDesa. Dimana pembangunan Desa di masing-masing sektor masih tertunda akibat terjadinya wabah Covid19.

“Pembangunan Masih di fokuskan di bidang lima dalam pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap masyarakat yg terdampak dari wabah Covid19 penyebab terpuruknya perekonominan”, imbuhnya.

Camat Pucanglaban yang hadir dalam MusrenbangDes menyampaikan beberapa hal. Dimana beliau menekankan pelaksanaan MurenbangDes hari ini diharapkan bisa menentukan atau mengsulkan apa yang menjadi usulan sekala Prioritas pembangunan dan mengajak untuk membangun SDM yg kreatif dan inovatif, dan terus menggiatkan untuk menjadikan desa Pro iklim.

“Kami minta untuk mengemas kegiatan MusrenbangDes ini untuk lebih bermanfaat, mengedepankan Sekala Prioritas Pembangunan secara demokrasi, menyepakati RKPDes 2022 usulan Prioritas sekala Desa, membuat data usulan yang lebih kreatif dan inovatif yang nantinya diusulkan di MusrenbangCam”, ucap Ali.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan, dimasa Pandemi Covid19, sudah pasti banyak kegiatan pembangunan yang tertunda. Dimana Dana Desa masih di peruntukan untuk BLT, bantuan langsung tunai terhadap masyarakat yang terdampak Covid19. Maka untuk menyeimbangi pembangunan Desa yang menjadi sekala kewenangan Kabupaten, agar di data dan diusulkan melalui MusrenbangCam sesuai bidangnya, imbuhnya.

Disisi lain, Camat Pucanglaban berpesan dimasa pandemi Covid19 Pemdes Desa Kalidawe agar tidak henti-hentinya memberikan edukasi ke pada warga, agar selalu mengikuti Protokol Kesehatan. Ali Muchtar juga berharap melalui Pemdes Kalidawe bisa mensosialisasikan dari Perbup tersebut di kalangan masyarakat khususnya masyarakat Desa Kalidawe.*(Cristian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed