by

Dinas Pariwisata Diminta Cek Izin KFC LA Terrace yang Diduga Tidak Memiliki Izin

DimensiNews.co.id, JAKARTA – Sebuah restoran siap saji KFC LA Terrace di Jl. Raya Lenteng Agung No.18, RT.10/RW.2, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan diduga tidak mengantongi izin resmi dari pihak terkait atau insatansi Pemerintah Kota Jakarta Selatan.

Hal itu diketahui DimensiNews.co.id dari salah satu warga sekitar yang mengatakan sejak berdirinya restoran tersebut diduga belum memiliki izin resmi.

“Yang kita ketahui, sejak berdirinya KFC itu belum memiliki izin hingga saat ini.” kata salah satu warga yang tidak mau namanya disebut kepada DimensiNews, Senin (16/9/2019).

Terkait hal itu, DimensiNews.co.id menghubungi Rudi Nurmanto selaku General Affair (GA) KFC Indonesia Indonesia melalui sambungan seluler. Rudi membantah bahwa KFC LA Terras tidak memiliki izin resmi.

Menurutnya, selama ini yang melakukan pendataan, pembinaan, dan pengawasan itu dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, tidak melalui Suku Dinas Parbud Jakarta Selatan.

“Selama ini kita mendapatkan pendataan, pembinaan, dan pengawasan itu dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, bukan dari wilayah. Dan selama ini tidak ada masalah,” katanya kepada DimensiNews, Rabu (18/9/2019).

Rudi mengklaim bahwa KFC LA Terras memiliki izin operasional, izin reklame, dan izin K3. Hanya saja untuk izin domisili tidak dapat diperpanjang lagi karena menurutnya izin domisili sudah dihapuskan dan tidak diterbitkan lagi, sehingga saat ini sudah menggunakan Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Kita sudah lengkap, izin operasional, izin reklame, dan izin K3. Hanya untuk domisili sudah tidak diperpanjang karena sudah tidak diterbitkan oleh Pemda. Untuk NIB kita juga sudah ada,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, M. Hambali salah satu aktivis pemerhati birokrasi pemerintah mengatakan, kalau memang keberadaan KFC itu izinnya diragukan oleh masyarakat, sebaiknya instansi pemerintah turun untuk mengecek kebenaran itu.

“Apabila memeng perusahaan resto siap saji KFC itu izinnya dipertanyakan masyarakat lebih baik instansi terkait turun langsung ke lapangan untuk mengecek kebenarannya.” kata Hambali kepada Dimensi News, Rabu (18/9/2019).

“Kalau sudah diperiksa pastinya akan tau izinnya seperti apa. Tetapi kalau ternyata dugaan masyarakat itu tidak memiliki izin itu benar, harus ditindak tegas. Karena negara sudah dirugikan dengan tidak memiliki izin, artinya perusahaan itu tidak membayar retribusi,” ujarnya.

“Karena yang berwenag untuk memeriksa itu ada di Satpol PP dan Suku Dinas Pariwisata Jakarta Selatan, coba mereka turun ke lapangan untuk kroscek kebenaran informasi dari masyarakat itu,” tutupnya. (HL/RN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed