oleh

Kadinkes Kota Tidore Ajak Masyarakat Lakukan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat

DimensiNews.co.id, TIDORE KEPULAUAN- Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tidore Kepulauan, Dr. Abdullah Maradjabessy mengajak kepada seluruh masyarakat di Kota Tidore Kepulauan untuk melakukan gerakan hidup bersih dan sehat.

Ajakan gerakan hidup bersih dan sehat tersebut yang disampaikan olehnya sekaligus sebagai bentuk pencegahan dari penyebaran virus corona (COVID-19).

“Gerakan hidup bersih dan sehat ini seperti makan makanan bergizi yang berimbang, olahraga dan istirahat yang cukup, menjaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, kalau batuk pake masker, makan makanan yang masak sempurna. Kalau batuk dan demam maka mencari pertolongan ke tenaga kesehatan dan jangan lupa berdoa,” kata Kadis di ruang kerjanya, Kamis (5/03/2020) minggu kemarin.

“Sama-sama mengajak kepada masyarakat agar berprilaku hidup bersih dan sehat, karena itu yang penting,” tuturnya.

Kadis juga meminta kepada masyarakat agar tidak panik, melainkan selalu menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

“Tapi yang paling terpenting dari virus corona ini yaitu bagimana torang (kami) menjaga torang pe ketahanan tubuh, agar tong pe tubuh lebih kebal. Sehingga virus itu jika dia kena, tidak mempan,” jelas Kadis.

Sementara, rumah sakit yang menjadi rujukan adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasan Boesoirie Ternate. Sebab, rumah sakit Ternate adalah tipe B sehingga sudah memiliki fasilitas dan tenaga yang lebih siap.

“Di Ternate kemarin semua sepakat kalau seandainya ditemukan virus corona, maka langsung rujuk saja di RSUD dr. Chasan Boesoirie Ternate karena disana pe tampa lebih representatif dibandingkan dengan rumah sakit lain. Dan disana ada dokter ahli paru, kemudian dorang kan rumah sakit tipe B, jadi secara fasilitas maupun tenaga dong lebih sip,” pungkasnya. (SS)