by

Desa Sekitar Sungai Batang Lubuh Terendam Banjir, BPBD Rokan Hulu Bungkam

DimensiNews.co.id, Rokan Hulu – Banjir kembali melanda Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Namun banjir yang terjadi kali ini lebih besar dari banjir sebelumnya.

“Banjir sudah merendam pemukiman masyarakat mulai Jumat malam, dan banjir kali ini sepertinya lebih besar dari banjir beberapa hari yang lalu,” ungkap Abdi warga setempat, Sabtu (15/2/2020).

Dimana-mana, kata Abdi, desa-desa yang ada di pinggir sungai sudah terendam, dan rumah warga yang terendam banjir terus bertambah.

Menurut informasi dari warga, Desa Tangun, Dusun Pawan Desa Rambah Tengah Hulu, yang berada di bagian hulu Sungai Batang Lubuh. Saat ini Banjir juga sudah menggenangi Desa Babussalam, Dusun Tulang Gajah, Dusun Tanjung Harapan, Kecamatan Rambah, sampai saat ini kondisi air masih terus naik.

Fahrin, warga Kecamatan Rambah mengaku, untuk saat ini jangankan solusi untuk tangani banjir, BPBD Rohul sepengetahuannya tidak pernah survei dan terkesan tidak ada program kerja.

“BPBD saja tak ada program kerja untuk solusi jangan banjir. Mungkin maunya banyak yang terkena dampak banjir dulu, sehingga mereka sibuk antar bantuan dari berbagai sumber,” ketus Fahri.

Sempat beredar laporan BPBD Rokan Hulu di salah satu grup WhatsApp wartawan terkait situasi ketinggian air akibat meluapnya sungai Batang Lubuh di Kecamatan Rambah. Yang mana dituliskan Sei Rokan dalam status siaga, Sei Batang Lubuh dalam status waspada sedang, Sei Batang Sosa dalam keadaan normal dan kondisi air sudah masuk ke pemukiman warga, di daerah Desa Babussalam dan desa Pematang Berangan.

Ketinggian air saat ini masih 30 sampai dengan 50 cm di pemukiman warga. BPBD sudah menghimbau warga agar waspada dan siaga apabila air masih bertambah.

Saat ini air masih bertambah, cuaca masih mendung, dan PUSDALOPS melakukan pantauan serta siaga bencana di daerah Rokan Hulu. Namun laporan tersebut tertanggal 12 Februari jam 12.00 WIB. Tentu laporan tersebut belum sesuai dengan situasi terkini yang di lokasi banjir.

Sementara Kepala BPBD Rokan Hulu, Zulkifli Said dan sekertarisnya tidak respon saat dihubungi DimensiNews melalui sambungan seliler. Demikian juga saat dichat melalui WhatsApp pribadinya juga tidak menjawab. (Robert Nainggolan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed