by

DPRD Kota Tangerang Bakal Bahas Raperda Olahraga

DimensiNews.co.id, TANGERANG- DPRD Kota Tangerang bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangerang tengah mewacanakan untuk dibahasnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang olahraga.

Wacana itu muncul setelah anggota Komisi II DPRD Kota Tangerang Amarno kembali menyerukan untuk dibuatnya Raperda olahraga yang pada 2014 lalu sempat diwacanakan, namun gagal dibahas, KONI Kota Tangerang pun mendukung langkah tersebut.

Amarno mengatakan, hingga kini Kota Tangerang belum memiliki Perda tentang olahraga. Saat ini aturan yang ada hanya sebatas Peraturan Walikota (Perwal) yang sifatnya persial jika ada kebutuhan dan kegiatan semata.

“Kita ini kan belum ada payung hukum yang kuat tentang olahraga, karena baru ada Perwal. Makanya kita harus punya Perda olahraga,” katanya kepada wartawan Kamis (16/1).

Amarno mengungkapkan, Raperda Olahraga sudah masuk dalam Program Legislatif Daerah (Prolegda) DPRD Kota Tangerang dan akan segera dibahas. “Sekarang kami sedang membahas Raperda Disabilitas dan Raperda Penangulangan HIV/AIDS. Raperda Olahraga mungkin dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Tangerang Hadi Rusman mengungkapkan, jika Perda tentang olahraga seluruh kebutuhan mengenai olahraga dapat diakomodir, seperti pengelolaan dana hibah dan kesejahteraan atlet.

“Contohnya di dalam Perda Olahraga nanti ada aturan untuk kesejahteraan atlet, bisa saja tidak hanya dalam bentuk uang pembinaan, namun juga bisa dalam bentuk pekerjaan dan jaminan kesehatan dan macam-macam,” ungkapnya.

Sementara untuk pengelolaan dana hibah, dapat dibuat standar nominal pemberian hibah dan Perda olahraga menjadi acuan pemberian hibah. Selama ini pemberian hibah dapat diterima jika SK Walikota turun setelah KONI mengajukan proposal anggaran kegiatan.

“Jadi anggaran KONI bukan hanya untuk pembinaan olahraga saja, tpi boleh juga untuk penunjang olahraga seperti pembangunan fasilitas olahraga,” jelasnya.

Ia menambahkan, contoh yang ia berikan salah satu dari sekian banyak klausul yang nanti akan dibuat didalam Perda Olahraga. Kata dia, jika perda sudah dibuat banyak hal yang bisa diatur. “Kalau kita ada Perda banyak yang terangkum dan diatur disana,” pungkasnya. (Dul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed