oleh

Dept Collector Tidak Berhak Tarik Paksa Kendaraan

 

DimensiNews.co.id – Indramayu.

Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional (LPKN) merupakan suatu lembaga yang dibentuk untuk menampung permasalahan konsumen baik berkaitan dengan pembelian barang maupun jasa.

Di Indramayu sendiri Direktorat LPK N baru saja mengadakan syukuran peresmian kantor baru pada Minggu (21/01/2018). Dalam kesempatan tersebut Parto, Direktur LPK N Indramayu mengatakan bahwa lembaga ini akan lakukan sosialisasi terkait perlindungan konsumen kepada masyarakat.

“Kita ingin memberikan kenyamanan kepada konsumen dengan menggandeng jajaran TNI dan Kepolisian untuk bekerjasama melakukan sosialisasi kepada masyarakat serta memberikan pengarahan tentang perlindungan konsumen dan undang-undang fidusia.”

“Salah satu contohnya persoalan leasing, kami akan memberikan edukasi kepada konsumen agar mereka paham bahwa eksekusi kendaraan baik roda dua maupun roda empat pihak leasing harus menunjukan akta fidusia yang sudah ditanda-tangani oleh kedua belah pihak.” Katanya.

Parto juga mengungkapkan, bahwa anggota LPKN Indramayu akan turun langsung ke titik-titik rawan tongkrongan para debt collector serta mendorong kepolisian untuk lakukan patroli rutin di titik-titik rawan tersebut. Selain itu, LPKN Indramayu akan lakukan audiensi ke beberapa instansi pemerintah termasuk audiensi ke DPRD Indramayu.

Ia juga menegaskan bahwa leasing tidak berhak menarik paksa kendaraan di jalanan. “Leasing tidak mempunyai hak dan wewenang untuk menarik secara paksa kendaraan oleh debt collector karena ini sudah jelas aturannya dalam peraturan menteri keuangan nomor 130/PMK.010/2012 tentang pendaftaran fidusia bagi perusahaan pembiayaan.” Tegasnya. (EF)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed