by

Herlina Rusman : JKN-KIS Program Jaminan Kesehatan Untuk Semua Masyarakat.

DimensiNews.co.id JAKARTA – Herlina Rosman-Peserta Pekerja Penerima Upah PNS menuturkan banyaknya manfaaf yang diberikan pemerintah untuk menjamin kesehatan rakyatnya melalui program Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat JKN-KIS

“Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan program yang menurut saya sangat bagus ,karena sekarang semua masyarakat memiliki jaminan kesehatan.Kata Herlina

Mulai dari Pendaftaran maupun pencetakan kartu juga sangat mudah dilakukan,kata Herlina  Rusman Kasie Kesejateraan Masyarakat kelurahan Sukabumi utara kebun jeruk Jakarta barat 31/1/2019

Ia mengatakan,”Saya mendaftarkan anak dan mencetak kartu di layanan Mobile Cystomer Service (MCS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan di Kantor Kelurahan Sukabumi Utara sangat mudah.”

Saya Sering berinteraksi dengan Duta BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat.Mulai dari pemberian sosialisasi kepada masyarakat, pembukaan MCS di Kantor Kelurahan Kelapa Dua, serta mendukung dan membantu BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat untuk dapat berkomunikasi dengan warga di wilayah Kelurahan Sukabumi Utara.ujarnya.

“Saya memang tidak pernah menggunakan KIS saya, tapi suami saya sudah pernah menggunakannya di Rumah Sakit Sari Asih di daerah Cileduk dekat dengan tempat tinggal saya.katanya.

Herlina menceritakan,” Pada waktu itu suami saya masuk ke sana melalui UGD karena kondisi yang merupakan darurat medis,”

Pada saat ditanyai pihak rumah sakit mengenai kepesertaan Program JKN-KIS, saya sempat kaget karena ternyata bisa digunakan untuk fasilitas kesehatan saya dan keluarga.katanya.

Bahkan lanjut dia,baru sadar kalau dirinya dan keluarganya merupakan kelas 1 setelah petugas rumah sakit mengecek kartu yang saya miliki.ujatnya.

“Pada saat itu kelas satu penuh dan yang tersedia adalah ruang rawat kelas 2, jadi kami memutuskan untuk mengambil ruang rawat kelas VIP, jadi kami naik satu kelas.

Suami saya dirawat kurang lebih selama 4 hari di rumahsakit waktu itu dan sekarang alhamdulillah sudah srmbut total, Kami hanya membayar satu juta rupiah untuk selisih antara kelas 1 dan kelas VIP,” ungkap Herlina.

Menurut Herlina,. Program JKN-KIS adalah program yang bagus, namun supaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat semakin maksimal maka akan lebih baik jika kamar atau ruang perawatan bagi peserta di rumah sakit dapat lebih dipersiapkan supaya pasien tidak lama menunggu.

“Saya dan keluarga memang punya KIS dan telah menjadi peserta Program JKN-KIS, tapi saya berharap untuk tidak pernah menggunakannya. Mudah-mudahan saya dan keluarga tidak pernah sakit,” harap Herlina

 

 

Laporan Wartawan : Hery Lubis
Editor.                        : Red DN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed