Pelayanan Medical Check-Up RSUD Tanggerang Meningkat 

 

 

DimensiNews.co.id TANGERANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang memberikan pelayanan medical check up yang meliputi kesehatan fisik dan kesehatan mental. Tujuan pemeriksaan kesehatan/medical check up bisa bermacam-macam, diantaranya sebagai persyaratan untuk melamar pekerjaan, melanjutkan pendidikan, menempati suatu profesi/jabatan publik.
Secara khusus, pemeriksaan kesehatan jiwa merupakan jenis pemeriksaan untuk menilai kondisi mental emosional seseorang.

Dr. Jans Juliana R. Sitorus, Sp.KJ selaku staf medik bagian Ilmu Kedokteran Jiwa, yang juga merupakan anggota tim Medical Check Up RSUD Kota Tangerang menjelaskan, berbagai aspek yang dinilai pada pemeriksaan kesehatan jiwa antara lain apakah seseorang mengalami gangguan jiwa berat, retardasi mental, dan gangguan kepribadian sehingga kondisi tersebut mempengaruhi fungsi kehidupannya sehari-hari. Beliau juga menambahkan bahwa,
jumlah pasien yang membutuhkan layanan pemeriksaan kesehatan jiwa di RSUD Kota Tangerang kian meningkat.

Di tahun 2018 ini, yang merupakan tahun demokrasi bagi negara Indonesia, permintaan kesehatan jiwa, khususnya bagi para calon legislatif (caleg) di RSUD Kota Tangerang, cukup banyak jumlahnya. Surat Keterangan Kesehatan Jiwa merupakan salah satu persyaratan yang diminta oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU),” ujar dokter yang akrab disapa dengan dr. Juli tersebut, di ruang kerjanya, Selasa (10/7).

Adapun proses pemeriksaan kesehatan jiwa tersebut meliputi tes profil kepribadian atau yang dikenal dengan MMPI ( _Minnesota Multiphasic Personality Inventory_ ) yang dilanjutkan dengan wawancara klinis oleh dokter ahli.

Berbagai aspek yang dinilai pada pemeriksaan ini antara lain kekuatan mental seseorang ( _ego strength_ ), integritas, kejujuran, tanggung jawab, kemampuan kerja sama dan berbagai aspek lain untuk menilai kondisi mental emosional seseorang.

 

 

 

Laporan Wartawan : Dul

Editor.                       : Red DN

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.