Mantan Pejabat Bappeda Tangsel diduga Lakukan Pungli

 

DimensiNews.co.id TANGSEL – Mantan Pejabat Bappeda Kota Tangerang Selatan, Oman Sip diduga melakukan pungutan liar ke sejumlah pengusaha dengan cara meminjam duit untuk keperluan biaya kegiatan dinas.

Hal itu terungkap hasil investigasi redaksi ke beberapa pengusaha yang menjadi korban.

Muhammad Zhirhan, pengusaha kontraktor asal Cilegon misalnya, merasa tertipu Rp200.juta “Waktu itu beliau datang ke saya dengan maksud meminjam uang 200 juta yang janjinya hanya dua Minggu saja, paling lambat satu bulan. Uang tersebut sesuai tertera di surat perjanjian dan kwitansi, untuk keperluan membayar hotel bagi acara pembahasan RPJMD Kota Tangerang Selatan,” tutur Zhirhan

Sambil menunjukkan bukti kwitansi dan surat perjanjian bermaterai. Di dalam perjanjian tersebut tertera pinjaman uang sebesar 200 juta selama dua Minggu paling lama satu bulan. R” Dan beliau sendiri yang berjanji akan mengembalikan uang tersebut ditambah kelebihannya 15 persen,” kata Zhirhan.

Tapi setelah uang itu diserahkan menurut Zhirhan , yang bersangkutan sulit dihubungi.

Selain Zhirhan, ada juga Korban lain, Indra Kusumandiri, warga Pamulang. Uangnya Rp 370 juta raib setelah dipinjam oleh Saudara Oman SIp. untuk keperluan yang sama.

“Ya alasannya untuk menalangin biaya sewa hotel bagi acara pembahasan RPJMD kota Tangsel,” katanya.

Indra sudah berusaha menagih bahkan mendatangi Saudara Oman. “Tapi cuma janji dan kemudian yang bersangkutan raib, tak ada kabar,” ujar Indra.

Peristiwa tersebut sudah berlangsung dua tahun lalu. Zhirhan dan Indra bersabar menunggu pembayaran piutang tersebut sesuai yang dijanjikan pejabat tersebut.

“Saya sudah datang ke kantor Bappeda meminta pertanggung jawaban Ketua Bappeda, waktu itu Pak Tedy Meiyadi , karena saudara Oman sesuai tertera di surat perjanjian, mengatasnamakan pejabat Bapeda, yakni sebagai Kasubag Evaluasi dan Pelaporan pada Bappeda Tangsel dg NIP: 197107201992031006.
Dan biaya tersebut untuk keperluan kegiatan Bappeda,” tegas Zhirhan.

“Tapi Pak Tedy selaku ketua Bapeda lepas tangan. Cuma janji mau selesaikan,” kata Zhirhan.

Bukan itu saja , pihaknya juga sudah menemui Sekda Muhammad , dan juga surat resmi ke Walikota Tangerang Selatan yg ditembuskan ke Kantor BKD, inspektorat dan Kepala Bappeda Kota Tangsel, untuk meminta penyelesaian perkara ini dengan cara baik-baik.

“Tapi sepertinya tak ada yang peduli. Kalau terus begini terpaksa akan saya laporkan ke Polres baik untuk pribadi Oman maupun institusi Bappeda Tangsel yang diketuai Tedy Meiyadi ketika itu,” tegas Zhirhan yang mengaku sudah menyiapkan berkas untuk segera melaporkan kasus ini ke pihak berwajib.

Hasil investigasi di lapangan, saudara Oman, sempat di tahan di Lapas Jambe , Kabupaten Tangerang dalam kasus yang lain.

“Saat ini beliau sudah bebas dan kembali aktif sebagai PNS di dinas Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Tangsel,” kata sebuah sumber di lingkungan Pemkot Tangsel.

 

 

 

 

Laporan Wartawan : Dul

Editor.                       : Red DN

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.